single-image

Gunung Prau, Telaga Warna, dan Tempat Seru Disekitaran Dieng Lainnya

Dieng adalah salah satu tempat paling keren yang pernah gua singgahi saat berlibur. Dieng yang merupakan daerah dataran tinggi di Jawa Tengah ini memang menyuguhkan banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi bersama keluarga, komunitas, ataupun dengan teman sepermainan.

Banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi sekaligus dalam satu waktu. Beberapa tempat yang sangat dekat atau berada di Dieng yang bisa elo singgahi kayak misalnya bukit sikunir, gunung prau, dieng pleteau, telaga warna, telaga pengilon, candi arjuna, dan masih banyak lagi. Kalau gak salah mungkin ada lebih dari 20 tempat wisata yang bisa lo kunjungi disini dalam sekali jalan.

Pos 1 Menuju Puncak Gunung Prau

Sebenernya waktu seminggu sudah cukup untuk mengunjungi semua tempat wisata yang ada di dieng, cuma sayangnya mana mungkin bagi kalian yang kerja punya waktu libur seminggu kecuali saat lebaran 2018 kemarin itu.

Kali ini gua mau berbagi sedikit soal tempat yang kemarin sempet gua dan temen temen singgahi di Dieng yaitu Gunung Prau, Candi Arjuna, Kawah Sikidang, dan Telaga Warna. Sebenernya ada banyak waktu yang kita punya cuma karena ada sedikit accident jadi kita potong waktu untuk menyempatkan tempat yang memang kami prioritaskan terlebih dahulu.

GUNUNG PRAU

Gunung Prau ini adalah objek wisata keren yang ada di Dieng karena perjalanan yang singkat dan pemandangan yang sangat indah tersaji di puncak gunung ini. Bukit teletubbies yang banyak menjadi perbincangan orang banyak bisa kami temui disini.

Perjalanan saat malam takbiran membuat gunung ini sepi, padahal biasanya jika kita melakukan pendakian di hari biasaa, atau minggu libur biasa, tempat wisata Gunung Prau ini sangat ramai dengan banyaknya tenda yang bertebaran di puncak Gunung Prau.

[g-gallery gid=”1034″ random=”1″]

Perjalanan kamipun dimulai persis dari sebran ghomestay kami, yaitu jalur dwarawati. Biaya masuknya 10 ribu per kepala. Perjalanan yang ditempuh hanya memakan waktu 3 jam saja, itupun sudah termasuk leha leha bersantai dan menunggu salah satu teman yang perutnya sedang dilanda peperangan dan panggilan alam untuk membuangnya ke alam bebas (pikir sendiri apa itu).

Sesampainya di puncak Gunung Prau, kami beristirahat sejenak karena memang kita tidak melakukan camping di atas, dan memulai pendakian pukul 9 pagi dan jam 12 sudah mulai turun ke bawah.

Sayangnya perjalanan kami agak berbelok karena kami turun tidak kembali melalui jalur dwarawati. Kami penasaran dengan jalur lain karena memang ada 5 jalur yang tersedia di Gunung Prau ini. Kami turun melalui jalur Kalilembu yang memang tidak jauh sebenarnya, cuma trek yang curam tapi membuat kita lebih cepat untuk turun ke bawah, itu yang menjadi pilihan kami kenapa mencoba melalui jalur ini.

CANDI ARJUNA

Candi Arjuna letaknya sangat dekat dengan home stay kami, atau dengan pos pendakian Dwarawati tadi. TIket masuknya 10 ribu untuk memasuki area Candi Arjuna, sayangnya belum semua candi terbangun sempurna. Jadi pemandangan yang ada disekitar hanya candi kecil plus dengan kayu kayu dan batu yang masih dalam proses pembangunan (nampaknya ya).

Candi Terkeren yang belum selesai dibuat Candi Terkeren yang belum selesai dibuat Gaya foto yang lumayan cukup aneh dilihat

Di dalam Candi Arjuna juga ada kawah sikidang dan juga balaikambang tapi sayangnya banyak yang masih dalam perbaikan sehingga kita belum bisa masuk untuk menikmati kawasan wisata tersebut.

TELAGA WARNA DIENG

Ini adalah tempat yang sebenarnya bagus, cuma sayangnya kami datang di momen yang tidak tepat. Banyak orang yang bilang Dieng itu bagus saat ada di sekitaran bulan Agustus setiap tahunnya. Bahkan suhu yang ada di Dieng bisa mencapai NOL DERAJAT.

Masuk ke telaga warna ini harus memasuki terlebih dahulu ke pintu masuk kawasan dieng plateau dengan membayar 10 Ribu per kepala. INGAT! itu hanya tiket masuknya saja. Sementara di dalam kawasan wisata tersebut masih ada beberapa tempat wisata yang harus membayarnya lagi di dalam, seperti Telaga Warna ini dimana kita harus kembali membayarkan 15 Ribu per kepala untuk sekali masuk ke kawasan Telaga Warna.

Seperti yang tadi udah gua bialng, telaga warna ini terlihat seperti biasa, tidak bergitu berwarna seperti yang banyak kita lihat di foto foto instagram orang orang yang keren itu. Mungkin benar karena kita datan g di waktu yang tidak tepat sehingga warna tidak begitu keluar dari telaga tersebut.

Karcis Masuk Telaga Warna Peta Tempat Wisata Telaga Warna/Telogo Worno Peta Tempat Kawasan Wisata DIeng Jersey Batax di Telaga Warna Jersey Biohazard AntoniusPSK Tampan Sekali Main Ayunan dulu, gaya setelan pria dewasa